Antara Bumi dan VY Canis Majoris

bagi temen-temen semua yang “mungkin” sedang dalam masalah atau sedang sedih. entah karena masalah pribadi atau masalah orang lain, yang sedang menghadapi masalah pelik dan rumit yang semakin melilit, tidak ada yang bisa membantu, hanya sendiri, tak ada atau belum ada tempat untuk berbagi. dan masalah itu belum bisa terpecahkan, setiap hari serasa semakin mencekik, hampir putus asa, futur bahkan nyaris hancur. ingin menangis tapi tidak bisa karena malu atau egois

tak peduli siapa kamu, apakah seorang laki-laki atau wanita, yang masih studi atau sudah bekerja, seorang aktivis, ADK atau mahasiswa biasa.

Tenanglah,,, mari sejenak kita alihkan perhatian kita, bukan untuk menghindar tapi hanya sekedar rehat, kembali mengumpulkan motivasi, kepercayaan diri paling tidak  untuk menenangkan hati.

Ingat ,,, masalah yang ada itu masih kecil, belum ada apa-apanya. Ingat Alloh tidak akan memberi kita ujian diluar batas kemampuan kita. anggaplah masalah itu kecil apapun wujudnya selagi hanya masalah dunia.

tenangkan hati, bersabarlah dan sandarkan diri hanya pada Illahi Robbi. tenang dan renungkanlah seberapa besar masalah kita dibanding beban masalah orang lain,  seberapa besarkah beban masalah yang menurut kita berat itu?????

TAPI,,,,,,,

Jangan ngomong masalah lagi !!!, kita akan sejenak merenung tentang sesuatu yang Besar, sesuatu yang sangat besar, tapi bukan “masalah” yang kita anggap besar tadi. ini sesuatu yang lain.

singkirkan masalah itu. kalau tidak bisa kita selesaikan sekarang ya selesaikan saja nanti, toh Alloh akan selalu ada dan siap menolong kita setiap saat, kapan saja dimana saja. so relax dulu

Tarik nafas panjang ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, lepaskan pelan-pelan

kemudian katakanlah “Allohu Akbar !!!”

taukah kalian arti kalimat tersebut? ya,,, artinya Alloh Maha Besar,,,,,,, Tapi kadang-kadang kita belum bisa menyelami sebesar apa kekuasaan Alloh itu,,,

untuk itu mari kita pelajari ayat-ayat Alloh yang ada di alam ini, mentadaburi bukti-bukti kekuasaan Alloh dengan mempelajari apa yang Ia ciptakan,,,,,

lihatlah keluar jendela, pandanglah alam sekitarmu, mari kita cari sesuatu yang besar untuk dipelajari.

Pandanglah kelangit, teroboslah awan dan tembuslah atmosfer, lihatlah apa yang ada disana ? Betul,,,, disana ada alam semesta yang sangat luas, ada planet-planet dan bintang-bintang. Dan tahukah kamu planet apa yang terbesar dalam sistem tata surya kita? Ya, jawabannya adalah Jupiter, saya tidak mengukur sendiri tapi para ilmuwanlah yang telah menghitungnya dengan menggunakan ilmu pengetahuan yang mereka punya. Kita tidak usah memikirkan bagaimana mereka mengukur besarnya planet Jupiter karena hal tersebut malah akan menambah masalah kita.

Lalu apalagi yang terbesar dalam sistem tata surya kita, ? jangan lupakan pusat dari tata surya Bima Sakti (milky way) “matahari”, saya sendiri bukan orang fisika jadi sayapun tidak bisa mengukur secara pasti ukuran matahari, pokoknya matahari-lah yang paling besar yang terdekat dengan bumi (kurang lebih 150 jt Km), dulu ketika aku masih kecil aku pernah membaca perbandingan antara planet bumi dan matahari adalah seperti bola kasti dengan rumah, tentu saja kalau bumi sebesar bola kasti maka matahari dapat di umpamakan sebesar rumah (nb : tidak diterangkan rumah jenis apa, pokoknya sebesar “rumah”)

Kalian mungkin sudah tahu bom atom? Atau bom nuklir? Kalian mungkin sudah tahu bagaimana bom atom yang dijatuhkan di hiroshima, atau Tsar Bomba-nya uni soviet yang apabila meledak menghasilkan awan jamur setinggi 34000 kaki atau 10,363 km dengan diameter bola api berkilo-kilo meter dan dengan suhu yang mampu melelehkan baja sekuat apapun dan suara gemuruh ledakannya bisa sepanjang 49 menit lamanya, bom ini setara dengan 50 000 000 ton bahan peledak TNT yang diledakkan secara bersamaan. Nah antara bom nuklir dan matahari sama-sama melakukan reaksi Thermonuklir (ga usah terlalu dipikirkan apa maksudnya kalau tidak tahu) Dan reaksi yang terjadi di matahari puluhan bahkan ratusan kali lipat lebih dasyat dari pada hanya sekedar Tsar bomba, dan hal itu berlangsung setiap hari, setiap saat, dan sampai saat ini.

Bayangkan betapa besarnya malapetaka yang terjadi kalau matahari meledak sedangkan bumi hanya berjarak kurang lebih 150juta km dari matahari, kalau Tsar Bomba sudah seperti itu apalagi matahari,,,,,,,INGAT kalau Alloh berkehendak apapun pasti bisa terjadi.

Kira-kira adakah yang lebih besar lagi dari matahari?

Tentu saja ada,,, terawanglah lebih jauh lagi, menjelajah jarak dalam tahun cahaya, menembus sejauh ilmu pengetahuan manusia.

Ternyata masih ada lagi yang lebih besar daripada matahari, namanya bintang sirius, bisa dilihat perbandingan diatas. Dalam perbandingan ini kita gunakan satuan radius matahari. Radius adalah setengah dari diameter. Ingat 1 radius matahari = 695 500 kilometer (kurang lebih segitu).

Masihkah ada yang lebih besar?

Mari kita lihat terus perbandingan-perbandingan berikut ini

Ternyata masih ada bintang pollux,,,,,,

Mari kita telusuri lebih jauh,,,,,,,,,

Pada gambar diatas planet bumi sudah tidak terlihat lagi

Lalu,,,,,,,,,,,,,,

ada aldebaran, rigel dan ada juga Betelgeuse yang berukuran antara 880 sampai 1000 radius ( tinggal kalikan 695 500 km)

Sekarang mari kita lihat perbandingan ukuran VY Canis Majoris diatas. VY Canis Majoris merupakan bintang terbesar yang pernah di identifikasi oleh manusia dengan bantuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dimilikinya. VY Canis Majoris memiliki ukuran antara 1800 sampai  2100 radius.

INGAT  perbandingan diatas tidak mewakili keadaan sebenarnya karena kemampuan manusia yang terbatas, mungkin antara gambar satu dengan yang lain salah dalam perbandingan besarnya atau berbeda sumber akan mengatakan ukuran yang berbeda antara bintang satu dengan bintang lainnya. Tapi intinya mereka adalah benda yang besar, sangat besar

Dan silakan dibayangkan seandainya bintang-bintang tersebut meledak layaknya Tsar Bomba, bisa?

Sekarang mari kita lihat perbandingannya dengan matahari kita ,,,,,

antara VY canis Majoris dengan matahari

VY Canis Majoris merupakan bintang terbesar yang ada di tata surya kita (milky way) yang pernah teridentifikasi oleh manusia. Perkiraan ukuran bintang ini adalah 2000 x 695 500 km = 1 391 000 000 km.

Mari kita bandingkan volumenya. Jika volume bintang ini kita isi dengan benda sebesar planet bumi maka dibutuhkan sekitar 7,000,000,000,000,000 (7×1015 atau 7 quadrillion) planet sebesar bumi.

Sekarang mari kita bandingkan dengan satuan tertentu.

Jika bumi diwakili dengan sebuah bola yang mempunyai ukuran diameter sebesar 1 Centimeter maka matahari setara dengan bola berukuran diameter 109 centimeter. Dan VY canis majoris setara dengan bola yang berukuran kurang lebih 2,3 kilometer atau 230000 centimeter

Betapa besarkah benda ini ???

TAPI,,,,,,,,,,, masih adakah bintang yang lebih besar lagi,,,???

Saya tidak berani menjawab sekarang tapi Lihat gambar dibawah ini ………………………

Setiap titik pada gambar ini semuanya adalah galaksi

Setiap galaksi berisi kurang lebih 1 triliun bintang  (1 000 000 000 000)

Setiap bintang kemungkinan memiliki sistem planet tersendiri

Dan ada lebih dari 10 000 galaksi hanya dalam foto diatas

PADAHAL ……………………………………………………………………………


 

Lihatlah seberapa besar diri kita ???

Sebesar apakah beban masalah kita ???

Pantaskah kita berputus asa atas RahmatNya ???

Padahal Dialah yang menciptakan bintang gemintang beserta alam semesta raya

Dan Ia mampu memelihara SEMUANYA

Semuanya berputar beredar teratur tidak bertumbukan satu sama lain

Semuanya bersujud dan bertasbih hanya KepadaNYA

Dan lihatlah, rasakanlah bahwa ini merupakan bukti kebesaranNYA, bukti rahmatNYA yang meliputi makhluk sekecil mikroba sampai benda sebesar bintang di jagat raya

KALAU ALLOH BISA MENCIPTAKAN, MENGATUR DAN MERAWAT MEREKA SEMUA

MASIH PANTASKAH KITA BERPUTUS ASA PADANYA ???

 

Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia bersemayam di atas Arasy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat, dan (diciptakan-Nya pula) matahari, bulan dan bintang-bintang (masing-masing) tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah, menciptakan dan memerintah hanyalah hak Allah. Maha Suci Allah, Tuhan semesta alam.

(QS. Al A’raaf 54)

Allah-lah Yang meninggikan langit tanpa tiang (sebagaimana) yang kamu lihat, kemudian Dia bersemayam di atas Arasy, dan menundukkan matahari dan bulan. Masing-masing beredar hingga waktu yang ditentukan. Allah mengatur urusan (makhluk-Nya), menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya), supaya kamu meyakini pertemuan (mu) dengan Tuhanmu.

(QS. Ar Rad 2)

made by : saibani

sumber :

Al Qur’an Al Karim

http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_largest_stars

ada aldebaran, rigel dan ada juga Betelgeuse yang berukuran antara 880 sampai 1000 radius ( tinggal kalikan 695 500 km)
About these ads

66 Tanggapan

  1. Om, bagus nih artikel . gw copy ya artikelnya buat tugas sama catatan di facebook .

  2. OK, gan,,,,, silakan kalo mau di copy, semoga bermanfaat

  3. Kreatif sekaleeeeee

  4. subhaanallah….artikelx gw share di FB yah…thx

  5. OK,,bro, gapapa. semoga bermanfaat bagi semua

  6. wah dulu gw sering mikirin ginian sekarang semua sudah terjawab thank ya…… tapi kalo bisa tambahin video yah gan.

  7. insha Alloh,,,, nanti klo ketemu, insha Alloh ane tambahin deh,,, ^^

  8. Aslm,
    Mas,sy link di fb yaah artikelx,kebetulan hobi di astronomi jg ini…thx b4

  9. “fabiayyi aa laaa irabbikumaa tukadzdziban”
    ..maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan…

  10. gak ada hubunganya kaleee.

    semua artikel dan gambar itu di dapet dari artikelnya orang bule dan wikipedia…. lalu di tambah ayat2 aja.

  11. @Lambank: silakan mas,,,,, semoga bermanfaat bagi yang lain, syukron
    @rendy: alhamdulillah,,,,, segala puji hanya bagi Alloh. siiiip ^^
    @huahahah: “Dan Dia lah yang membuat segala yang di langit dan segala yang di bumi tunduk kepadamu. Itu semua dari Dia. Sungguh pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kekuasan Tuhan) bagi orang-orang yang berpikir”. (Surat Al-Jasiyah: 13)

    maaf, artikel kaya gini hanya dapat dicerna dan dipahami bagi orang2 yg berpikir alias punya otak dan hati yang bersih ^^

  12. wahhhhhhhhh

    sekrang aku sdar betapa mahakuasanya allah!!!!
    thank ya
    !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!1

  13. ALLOHUAKBAR,,,, ALLOH memang Maha Besar.
    terkadang kita kurang bisa menghayati hakekat kebesaran Alloh so dengan begini Insha Alloh akan memperbaharui iman kita
    ^_^

  14. allahu akbar . . . . .wihh jadi takut jadinya !

  15. om aku izin copas ya , bagus nih !

  16. Minta Izin Copy Paste ya om :P
    ntar di kasih sumber nya kok..

  17. mas…..GEMETERAN mas saya baca postingan mas…….makasih y mas……saya jadi sadar kebesaran ALLAH…..makasih banyak y mas……..makasihh…..

  18. @ adli, hikmatulloh, akku natsu dan rino
    terimakasih banyak atas apresiasinya
    siapa saja yang mau ngopi dan menyebarluaskan. ane malah ngucapin syukron jazakalloh juga.

    semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi semuanya ^_^

  19. subhanallah…………….

  20. mohon ane d kasih artikel ky gni lagi y, ane nge fans banget sama yang ky gini gan..

  21. allahuakbar..

  22. insya Alloh akh,,,, bikin tulisan kaya gini rada gampang-gampang susah, tapi hendaknya kita sebagai makhluk yg punya akal bisa mentaddaburi sendiri hasil ciptaanNYA.
    syukron akh, semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi yang lain

  23. Allahu Akbar….
    Allahu Akbar…
    Allahu Akbar
    Jazakumullahu khairan katsyran..
    Barakallahu Fiikum …

  24. waiiyaki,,,,
    semoga bisa bermanfaat

  25. subhanallah

    sungguh luar biasa

  26. Ijin Copy dicatatn gw gan … thanks
    nais info!!

  27. subhanallah,,,
    di unduh ya mas wat pengetahuan n bagi” ke friend moga bermanfaat atas kekuasaan ALLAH AWT

  28. Bumi adalah pusat tatasurya pada
    Buku ‘Matahari mengelilingi Bumi’

  29. saya yakin ada lebih besar lagi dari vy canis majoris bahkan lebih jauh dan besar lagi

  30. gw share ke facebook ya gan !!

  31. Anee sharee yaa skalian Copyy bwt FB ana,, Subhanallah bgt nh pengetahuann Amzing bgt broooo…

  32. Makasihhh btttt yaaaaa…hehe;))))))))))))))

  33. [...] terbesar di jagat raya “ VY Canis Majoris” yang ukurannya benar benar luar biasa (what is CANIS MAJORIS?), analogi inilah yang membawa Jacob Syndrome ingin menjadi yang terbaik dan dapat diterima di dunia [...]

  34. Gue ga bisa bayangin kalo VY CANIS MAJORIS itu meledak.. gimana nasib bumi yah? matahari aja kecil banget.. hoho

  35. saya masih bingung lebih besar manakah VY Canis Majoris atau R136a1

  36. ALLAHUAKBAR !!!!!!!

  37. subhanallah…merinding saya gan….

  38. coba matahari di ganti ama VY Canis Majoris :p

  39. keren bgt om, sampai buat menangis..

  40. @ALL : Syukron Jazakalloh atas komentarnya,,,
    Mari kita kenali Alloh Subhanawata’ala melalui apa yang Ia ciptakan

    Barokallohufiikum

  41. Ganti tuh pke tuhan supaya netral :D

  42. Tiada Tuhan Selain Allah ;)

  43. Pusat Bima Sakti bukan matahari, Justru matahari yang mengorbit pusat galaxy
    (Berdasarkan para Ilmuan)

  44. vy canis majoris itu baru yang terbesar di galaksi bima sakti ya?

  45. ijin share ya :)

  46. fadhol,,, silakan,,,
    semoga bermanfaat

  47. Pertanyaanya Apa yg ada di Pusat galaksi Bima Sakti ? bila Bintang apakah lebih besar dari VY Canis Mayoris ?

  48. Dan tatkala Musa datang untuk (munajat dengan Kami) pada waktu yang telah Kami tentukan dan Tuhan telah berfirman (langsung) kepadanya, berkatalah Musa: “Ya Tuhanku, nampakkanlah (diri Engkau) kepadaku agar aku dapat melihat kepada Engkau”. Tuhan berfirman: “Kamu sekali-kali tidak sanggup melihat-Ku, tapi lihatlah ke bukit itu, maka jika ia tetap di tempatnya (sebagai sediakala) niscaya kamu dapat melihat-Ku”. Tatkala Tuhannya menampakkan diri kepada gunung itu, dijadikannya gunung itu hancur luluh dan Musa pun jatuh pingsan. Maka setelah Musa sadar kembali, dia berkata: “Maha Suci Engkau, aku bertobat kepada Engkau dan aku orang yang pertama-tama beriman”.

    AL A’RAF 143

  49. terima kasih banyak… semoga menjadi amal baik om

  50. Barokallohufiik,,,
    Amiiin. terimakasih

  51. subhanallah………… allahu akbar

  52. Subhanallaaah.. Tulisan bermutu gan

    Maka Aku bersumpah dengan tempat beredarnya bintang2.. Sesungguhnya sumpah itu adalah sumpah yang besar kalau kamu mengetahui..
    (Q waqiah 75-76)

  53. TOLOOOONG.
    GUE MERINDING.
    YA ALLAH.
    SEBESAR APA HAMBA MU YANG ADA DI BUMI.

  54. Allahu akbar….itu smua kuasa Allah….dan masih amat kecil jika d banding dgn syurga dan neraka Allah apalagi arsy Nya.

  55. Terimakasih ya Om, atas Ilmunya.

    Maaf ya Om, kayaknya Bintangnya ada yang kurang, antara pollux dan Aldebaran, yaitu “Arcturus”. :)

  56. mantaab, ini dia info terlengkap tentang alam semesta dan pencipta-Nya, saya jadi semakin sadar atas semua artikel yg saya baca tadi, apalagi saya hobi banget tentang alam semesta.

    ALLAHU AKBAR WALILLAHILHAMD…

    terima kasih…

  57. ralat sikit ya min, Milky Way, ato yg disebut “Bima Sakti” itu adalah Galaksi tempat dimana Matahari dan sistem tata surya berada,bukan nama sistem Tata Surya. tapi infonya sangat keeeeereeeen…saya sempat merindings sambil bilang Allahuakbar…

  58. Subhanallah Banget Nih..Jika Dibandingkan dengan 10.000 Galaxy lain mungkin ada yang Lebih Besar Lebih…lebih…lebih…lebih SANGAT BESAR 1.000.000 juta lebih besar dari VY Canis Majoris pasti itu..Cuma kita tak tahu aja,karena Otak Manusia itu hanya terbatas.Hanya Allah Yang Paling Tangguh.

  59. aku mau kasihtau…kalian bisa lihat ”BINTANG R136a1”

    1.000.000 x lipat dari VY Canis Majoris.mungkin.tapi aku hanya masih penasaran saja

  60. Itu baru langit pertama ya gan… O.o
    Belum langit ke 2-7 …
    Subhanallah

  61. ijin komen

  62. Ijin copy akhi untuk FB, biar yang lain ikut bertasbih setelah ulasan ente.

  63. Alam Semesta itu gak terbatas gan,
    itu aja gak semuanya bias tau sampai ke batas mana ,..
    Kehampaan itu gak ada, yang ada hanyalah yang terkecil dan terbesar, dan semuanya itu tidak terbatas , di dalam sebuah titik ada sebuah titik, dan juga didalam titik itu, ada titik lagi , begitu seterusnya, sampai gak terbatas ,..

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: